Manfaat Jemur Bantal dan Kasur

Jual Kasur Busa Inoac Kualitas tinggi Tekhnologi Jepang, Garansi 10 Tahun, dengan harga Diskon. AKBARFOAM AGEN RESMI KASUR BUSA INOAC

Bagi sebagian orang, menjemur kasus dan bantal merupakan kegiatan rutin yang dilakukan minimal seminggu sekali, atau pada saat waktu libur. Adapun tujuan mereka menjemur kasur dan bantal, tak lain agar kasur dan bantal menjadi lebih enak digunakan. Apalagi bagi mereka yang memiliki anak balita yang masih suka ngompol. Menjemur kasur dan dan bantal bertujuan hanya untuk mengeringkannya saja.

Padahal, tahukan anda kalau menjemur kasur dan bantal ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, khususnya pada saat tidur setelah kasur dan bantal dijemur. Bahkan, bagi sebagian orang juga, jika bangun tidur ternyata urat leher menjadi tegang sehingga menimbulkan rasa sakit ketika digelengkan. Mereka menyebutnya dengan istilah salah bantal. Dan, penyembuhannya dengan menjemur bantal yang digunakan, lalu setelah hangat bantal tersebut ditempelkan ke leher yang sakit.

Selain itu, ternyata menjemur kasur dan bantal juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan, walaupun secara resmi belum ada penelitian yang spesifik. Seperti yang diberitakan oleh Livestrong, yang dikutip oleh detikhealth.com, dan juga diberitakan oleh http://boenesaja.blogspot.com. menurutnya,  kebiasaan menjemur bantal dan kasur sudah mulai jarang dilakukan orang. Padahal kebiasaan menjemur bantal dan kasur di bawah sinar matahari sangat bagus buat kesehatan badan saat tidur. Karena, bantal dan kasur adalah tempat ternyaman buat Tungau alias Kepinding alias Bangsat alias kutu busuk (Cimex rotundanus).

Kepinding ini biasanya hidup disela-sela kasur, bantal, seprai, tikar, dan suka menggigit manusia yang membuat gatal dan kemerahan. Memang belum ada penelitian, gigitan kepinding bisa berakibat penyakit serius. Tapi gigitan kepinding bisa mengganggu kualitas tidur. Dan jika tidur kurang nyenyak akibatnya akan membuat tubuh tidak fit.

Efek dari gigitan serangga ini bisa sangat beragam, mulai dari kulit memerah, bentol, dan jika kulitnya sensitif bisa menyebabkan iritasi kulit.

Sedangkan debu-debu yang menempel di bantal dan kasur bisa menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal atau masuk ke paru-paru yang membuat napas sesak dan batuk. Belum lagi, bau kasur yang pengap juga bisa membuat seseorang terjaga tiap malamnya.

Untuk menjaga agar tidak banyak debu atau kepinding dan bau kasur yang tidak sedap, maka menjemur kasur dan bantal di bawah sinar matahari merupakan salah satu jalan keluar yang mudah dilakukan.

Jika cuaca sedang baik dan kecepatan anginnya tidak terlalu tinggi cobalah untuk menjemur kasur dan bantal di luar rumah. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari bisa membantu menghilangkan segala jenis bau dan juga serangga yang menempel di kasur.